Selasa, 18 Mei 2010

Android, OS mobile yang memukau


Memaksimalkan fungsi ponsel, kini tidak hanya mempertimbangkan fitur dan spesifikasi. Sistem operasi ponsel pun turut menentukan, seberapa besar pengguna mampu mengoptimalkan fungsi ponsel yang dimiliki.

Beberapa waktu belakangan ini, ponsel dengan sistem operasi Android sedang ramai dibicarakan, namun tidak semua orang dapat memahami, apa yang dimaksud dengan Android.

Menurut Bramastyo, IT Support dari Indosat, Android adalah sebuah sistem operasi yang dimiliki ponsel, “hampir sama seperti Linux, namun ini dikembangkan oleh Google,” ujar pria yang kerap dipanggil Bram ini.

Berbeda dengan ponsel dengan sistem operasi biasanya, pengguna dapat merasakan sensasi yang sebelumnya tidak dapat dinikmati ketika memegang ponsel Android. Android dikembangkan dengan konsep open source, sehingga pengguna dapat menambahkan sendiri aplikasi-aplikasi yang diinginkan kedalam ponsel Androidnya.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis maupun terkena biaya melalui internet. “Secara resminya, pengguna bisa belanja aplikasi di Android Market, di sana akan tersedia sekitar 42.000 jenis aplikasi untuk ponsel Android,” ujar Bram.

Tidak hanya fasilitas menambah aplikasi, pengguna Andorid pun bisa memperbaiki sistem operasi ponsel yang dimiliki. “Namanya proses rooting, yaitu proses yang memungkinkan kita untuk mengganti sistem operasi bawaan ponsel,” ujar pria lulusan salah satu akademi komputer ini. Selanjutnya, jika proses rooting sudah selesai, pengguna dapat merubah sendiri sistem operasi bawaan dari ponselnya.

Dalam kasus ini Bram memberi contoh pada menu kalkulator. “Misalkan menu kalkulator bawaan ponsel ga lengkap, kita bisa perbaiki kalkulator tersebut dengan membeli aplikasinya di Android Market,” ujarnya. Hasilnya, tampilan kalukaltor ponsel pengguna Android bisa ber beda dengan ponsel lainnya.

Bayangkan jika setiap sistem operasi pada ponsel dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan selera penggunanya, tentunya akan sangat menyenangkan bisa menggunakan ponsel yang berbeda dari biasanya dan lebih terkesan pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar